Alfamart Perusahaan Retail Asli Indonesia

23 Sep 2013

Sejak didirikannya PT ALFA RETAILINDO, Tbk 27 Agustus 1989 merupakan anak perusahaan dari group HM SAMPOERNA terus mengalami perkembangan pesat dari tahun ke tahun. Gerai pertama alfamart didirikan di Jl Lodan, Ancol-Jakarta Utara dengan semangat kewirausahaan pribumi. Visi alfamart untuk “Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas, berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global”, hanya ditempuh dengan waktu singkat. Sampai bulan November 2001, Format Toko Gudang Rabat telah memiliki 25 gerai yang tersebar di 15 kota di Indonesia, Divisi Minimart memiliki 55 gerai yang tersebar di Jakarta, Tanggerang dan Bandung, sedangkan Divisi Grosir memiliki 8 gerai yang tersebar di 8 kota besar di Indonesia, diantaranya Jakarta, Bekasi, Bandung, Tangerang, Semarang, Surabaya, Malang, dan Denpasar . Dari pertengahan 2007 telah memiliki gerai/outlet menacapai 2000 dan mulai merambah pasar sumatera. Capaian kuantitas gerai tersebut disertai dengan capaian kualitas sistem manajemen mutu dengan Sertifikat ISO 9001:2000.
IPO (Initial Public Offering) Alfamart dimulai pada tanggal 18 Januari 2000 dengan komposisi saham ALFA 77.8 % dimiliki oleh PT Sumber Alfaria Trijaya, dan sisanya dimiliki public. Hanya dengan waktu 9 tahun, pada awal 2009 menjadi perusahaan publik pada tanggal 15 Januari 2009 di Bursa Efek Indonesia disertai dengan penambahan jumlah gerai mencapai 3000 toko dan juga memasuki Pasar Bali. Pada tahun 2012 Alfamart menjadi perusahaan go public terbaik dalam katagori perdagangan dan jasa dengan pendapatan Alfaria Trijaya Rp 18,227 triliun per tahun. Capaian tersebut dicatat majalah fortune Indonesia. Untuk mewujudkan capaiaan menakjubkan seperti sekarang ini alfamart secara konsisten melakukan langkah-langkah sebagai berikut sebagai misinya:

  1. Memberikan kepuasan kepada pelanggan berfokus pada produk dan pelayanan yang berkualitas unggul.
  2. Selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan dan selalu menegakkan tingkah laku atau etika bisnis yang tertinggi.
  3. Ikut berpartisipasi dalam membangun negara dengan menumbuh kembangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha.
  4. Membangun organisasi global yang terpercaya, tersehat dan terus bertumbuh dan bermanfaat bagi pelanggan , pemasok, karyawan, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya.

Alfamart dan Pelayanan Anggotanya

Alfamart adalah sebuah perusahaan yang menekankan dan mengukuhkan diri sebagai perusahan retail asli Indonesia. Selain tercermin pada logo yang didominasi corak warna merah dan putih, alfamart juga berusaha menerapakan dan mengadopsi model koperasi dalam melayani anggotanya. Model tersebut diterapkan mengikuti prinsip perdagangan modern, bagi alfamart peningkatan kualitas hidup anggota dengan melayani kebutuhan anggota dengan barang murah dan kualitas terpenuhi. Adopsi model koperasi dengan tidak adanya sisa hasil usaha (SHU). Yang terpenting adalah kebutuhan anggotanya terpenuhi. Model tersebut diterapkan dalam Customer Relationship Management pada tahun 2001. Bagi pemegang kartu AFC, para anggota AFC memperoleh pelayanan yang special misalnya : Potongan harga, khusus untuk anggota AFC, yang bisa digunakan di semua gerai alfamart, hotel dan restaurant Selain itu anggota koperasi alfamart juga memperoleh undangan untuk acara-acara khusus, yang diadakan oleh AFC dan CCI, seperti piknik, nonton gratis atau acara di cafe. Setiap anggota AFC juga mendapatkan fasilitas yang sama dengan pemegang Kartu Discount CCI dan OVIS. Untuk meningkatkan nilai tambah dari keanggotaan AFC, ALFA juga terus mengembangkan merchant khusus AFC secara nasional.

Alfamart terus mengembangkan inovasi dan layanan bagi anggotanya dengan memperbaiki fasilitas dan daya guna kartu anggotanya. Seperti pertama kartu AKU adalah kartu member Alfamart yang dirilis pada tahun 2005 yang memberikan promo-promo bagi khusus bagi anggota Alfamart Minimarket. Kartu AKU berlaku diseluruh gerai Alfamart Minimarket di seluruh Indonesia. Kedua, Kartu A Card Flazz merupakan bentuk kerjasama Alfamart dengan Bank BCA. Card Flazz merupakan salah satu dari daftar produk BCA yang diluncurkan Alfamart pada tanggal 15 Mei tahun 2010. Card Flazz merupakan kartu yang bisa digunakan sebagai alat transaksi online banking (Kartu Prepaid atau kartu non rekening yang dapat menyimpan uang untuk keperluan berbagai transaksi online). Ketiga, Kartu AKU BNI adalah Kartu Member Alfamart Minimarket yang diluncurkan pada 1 Januari 2010 sebagai bentuk kerjasama dengan Bank BNI. Kartu AKU BNI adalah kartu multifungsional, yang selain berfungsi sebagai kartu member, juga berfungsi sebagai alat pembayaran yang hanya berlaku di Alfamart.

Alfamart dan Good Corporate Governance

Alfamart yang bernaung PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT), perusahan yang memiliki reputasi go public terbaik, berusaha menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG). Prinsip GCG tersebut dibangun secara sederhana namun tetap bisa mengelola transparansi dan akuntabilitas. Prinsip GCG yang sederhana seperti yang terlihat di gambar dibawah, mampu membangun hubungan yang harmonis antara pemegang saham dan pihak manajemen alfamart. Hubungan yang harmonis tersebut mampu mengantarkan alfamart sebagai perusahaan pemasaran yang selalu meraup untung meningkat dari tahun ketahun. Para pemegang saham cukup membuat lembaga audit, tidak memerlukan komisaris independen. Lembaga audit tersebut menerima laporan keuangan dari lembaga di bawah manajemen (director). Hasil data keuangan tersebut diolah lembaga audit di bawah komisaris yang kemudian menghasilkan laporan tahunan yang transparan dan akuntable. Pola budaya yang saling mendukung dan saling percaya antara komisaris dan manajemen membuat alfamart menjadi perusahaan retail terbesar.

e5a8011f4faec2f29c0875d4f0a0e703_good-corporate-governance-alfamart

Struktur organisasi alfamart yang mencerminkan good corporate governance

Dengan menerapkan prinsip GCG yang baik, alfamart mampu menyisihkan sebagaian keuntungannya untuk program corporate social responsibility (CSR). Program CSR tersebut menampakkan bahwa alfamart merupakan perusahan retail yang tidak ada soal dengan masalah sosial dan lingkungannya. Alfamart siap menjadi perusahaan yang dapat beroperasi dalam jangka panjang. Ruang lingkup program CSR alfamart adalah sebagai berikut :

  • Alfamart SMEs, program CSR untuk pengembangan usaha kecil menengah indonesia (UKM)
  • Alfamart Smart, Program CSR untuk pendidikan
  • Alfamart Care, Program CSR untuk aktivitas dan bantuan sosial
  • Alfamart Sport, Program CSR untuk pengembangan potensi olahraga indonesia Alfamart Clean and Green, Program CSR untuk pengembangan lingkungan which oversees environment
  • Alfamart Vaganza, Program CSR untuk hiburan rakyat Indonesia

Sumber Bacaan:

http://id.wikipedia.org/wiki/Alfa_%28supermarket%29

http://corporate.alfamartku.com


TAGS


-

Author

twitter @ahmadzainul

Follow Me