Pentingnya Kopdar bagi Blogger

2 Sep 2013

Saya dan Kopdar Blogger Nusantara

Saya dan Kopdar Blogger Nusantara

Kopdar blogger adalah wujud blogger itu ada di masyarakat, blogger tidak hanya sekumpulan orang autis di dunia maya. Blogger menulis karena sadar bahwa dirinya bagian dari masyarakat. Ajang kopdar merupakan wahana sosialisasi blogger supaya lebih saling mengenal keberadaan masing-masing. Sosialisasi antar blogger dapat memupuk solidaritas dan menulis secara bertanggung jawab. Blogger dapat lebih meningkatkan dan mengembangkan ide-ide menulis sesuai topik yang digelutinya. Selepas kopdar, blogger semakin yakin, bersemangat dan percaya diri untuk menulis kembali hal-hal remeh temeh sebagai pelengkap bacaan masyarakat yang kadang menghibur, membuat menangis, menerangi dan bahkan memberi wawasan baru.

Kopdar tidak lagi diartikan pertemuan seleb blogger dengan fansnya, seperti memberikan karpet merah dan panggung untuk seleb blogger, atau menciptakan seleb blogger baru dengan memberikan panggung dan karpet merah. Panggung dan karpet merah akan semakin membuat jarak antar blogger, hingga ada muncul istilah petinggi blogger dan bukan. Sebaiknya acara blogger ke depan dikemas tidak seperti upacara pengantin, namun dikemas secara informal. Komunitas blogger sebenarnya tak jauh beda dengan komunitas-komunitas lain, seperti komunitas pecinta binatang, komunitas pecinta kendaraan dll. Acara dikemas semakin informal semakin baik, seperti kemah blogger. Acara tidak lagi dkemas dalam diskusi panel, namun sudah mulai mengarah ke focus group discussion (FGD). Bila diperlukan acara kumpul seluruh blogger media yang tepat dan relevan adalah acara mimbar bebas yang selama ini telah menjadi kebiasaan di acara kopdar blogger nusantara.

Redesign kemasan kopdar blogger nusantara akan sangat memungkinkan untuk menambah dan memperluas jaringan blogger, termasuk peserta lomba #30HariNonStopNgeblog. Selain, akan menambah rasa keterikatan di dalam blogger nusantara. Dengan kemasan informal akan semakin banyak biaya yang dihemat. Dengan demikian akan ada biaya yang cukup leluasa untuk menambah jamuan bagi peserta. Semakin banyak peserta yang tertampung akan semakin baik. Peserta akan lebih mengenal dan keberagaman blogger nusantara. Keterangkulan peserta lomba #30HariNonStopNgeblog akan semakin memberikan makna bahwa menulis itu tidak berat karena telah menjadi hobby dan kebiasaan.

Untuk menjaga komunikasi yang terbangun melalui kopdar blogger nusantara, sebaiknya acara kopdar tersebut tidak berubah-ubah. Sudah tepat acara kopdar yang diadakan pada hari blogger nasional pada tanggal 27 Oktober. Selain untuk memperingati hari jadinya, acara kopdar tersebut bisa terus digunakan untuk membangkitkan kesadaran tentang pentingnya memberikan konten positif di internet. Lokasi yang dipilih pun harus dapat dijangkau oleh blogger se nusantara untuk datang merayakan kelahirannya. Sebaiknya lokasinya kota/kabupaten yang tak jauh dari bandara yang tidak membutuhkan banyak transit untuk menujunya.

Sebagai penutup tulisan, saya ucapkan selamat bekerja panitia kopdar blogger nusantara. Semoga kopdar selanjutnya akan lebih bermakna. Selamat dan sukses selalu


TAGS


-

Author

twitter @ahmadzainul

Follow Me