Tips Menulis Konten Berkualitas

31 Aug 2013

Konten berkualitas dapat dilihat dari kejelasan ide dan memberikan wawasan baru bagi pembaca. Kejelasan ide terwakili dari struktur kalimat yang sederhana dan jelas dan pemilihan kata yang tidak ambigu. Menulis konten berkualitas adalah strategi utama blogger agar blognya tak sepi dari pengunjung. Menulis konten berkualitas akan membawa banyak keuntungan, seperti memenangkan kompetisi blog, pembaca akan menshare dengan sendirinya blog kita, dan dapat membangun personal branding sang blogger dalam jangka panjang. Terbangunnya personal branding berarti sang blogger berhasil keluar dari kerumunan blogger dan dijadikan rujukan.

Kunci utama menghasilkan tulisan berkualitas pada blog adalah keikhlasan untuk berbagi, keingintahuan dan terus ingin mengupadate pengetahuan. Ada beberapa kawan yang bertanya kepada saya melalui chatting, apa yang telah bapak dapat dari ratusan tulisan di berbagai blog bapak. Saya hanya bisa jawab, untuk berbagi dan pertemanan. Sebuah blog akan lebih membawa manfaat dan kebaikan bila kita bisa berbagi secara ikhlas daripada mengejar monetize blog. Niat berbagi dengan sendirinya akan menghasilkan konten berkualitas yang akan mendatangkan banyak pengunjung. Membagi ilmu dan wawasan akan menambah pengetahuan yang akan meningkatkan kualitas hidup kita. Bukankah dengan menulis hasil bacaan kita, pengetahuan kita akan menjadi lebih berpadu dan berdaya guna? Konten yang berkualitas yang mengantarkan pengunjung ke blog kita, tentunya jejaring pertemanan kita akan lebih luas. Semakin luas jaringan pertemanan semakin terbuka peluang untuk berkreasi untuk membangun kualitas hidup dan peradaban kita menuju yang lebih baik dan maju.

Bagaimana membuat konten berkualitas? Temukan terlebih dahulu niche atau topik yang anda sukai dan kuasai. Konten berkualitas sangat bergantung dengan ide dan pengalaman anda sukai dan geluti. Blog hanyalah sarana untuk berbagi melalui tulisan. Percakapan dan diskusi santai dengan menikmati minuman hangat dan camilannya, kini tidak lagi terbatas di forum diskusi, atau warung kopi. Tuliskanlah ide anda seperti bercakap atau bertutur di warung kopi. Setelah anda nyaman dengan topik yang telah dipilih, berikut tips dan ide saya bagaimana langkah menulis konten yang berkualitas.

1. Langkah sebelum menulis

Carilah tema update pengunjung blog anda, atau pembaca blog anda saat ini. Pencarian tema bisa dilakukan dengan cara blogwalking ke blog atau situs-situs yang kredibel. Cari tempat curah pendapat atau brainstrorming, biasanya saya lakukan melalui atau mengikuti dialog dari status updated mikroblogging. Fokuskan ide tulisan pada satu tema.

2. Buat kerangka tulisan. Cara ini baik dilakukan bagi yang belum terbiasa mengalirkan ide secara langsung melalui tulisan. Kerangka tulisan berisi poin-poin utama ide yang akan ditulis, poin-poin tersebut nantinya dikelola menjadi tulisan yang utuh. Bila estimasi tulisan panjang, buatlah sub-sub judul terlebih dahulu.

3. Penulisan Draft Tulisan. Berusahalah tuliskan kembali poin-poin bacaan dari blog walking dengan kreativitas dan kekhasan anda menulis. Buka paragraph pertama dengan ide original anda. Tuliskanlah terlebih dahulu ide anda secara keseluruhan dengan memperhatikan Subjek, predikat, dan objeknya. Disarankan bila dapat memperhatikan pedoman penulisan struktur bahasa yang akan digunakan sebagai bahasa menulis.

4. Merevisi Tulisan. Baca kembali draft tulisan dan hapus paragraph atau kalimat yang terlalu melebar dari tema. Periksa kembali dan review logika ide dari tulisan Anda.

5. Perhatikan Tanda Baca. Sebelum mempublikasikan tulisan anda, ada baiknya memeriksa kesalahan ketik dan tanda baca. Hal ini penting agar pembaca dapat mudah menyerap ide tulisan.


TAGS


-

Author

twitter @ahmadzainul

Follow Me