Dari Ngeblog ke Wisuda Master

21 Aug 2013

alhmadulillah. Foto narsis saya di area wisuda

alhmadulillah. Foto narsis saya di area wisuda

Saya mulai menyenangi aktivitas blogging sejak pertengahan tahun 2008. Meski harus diakui aktifitas ngeblog tersebut untuk mengisi waktu paska terkena PHK dari sebuah keja full time di sebuah organisasi internasional yang bernaung di United Nation pada akhir tahun 2004. Berbekal ijasah S1 dengan umur yang tidak fresh graduate lagi susah mencari kerja full time, yang didapat selalu kerja paruh waktu alias freelancer. Aktifitas tersebut untuk mengisi waktu luang. Lumayan dari aktivitas beragi melalui ngeblog, hasil bacaan dari blog walking dapat terus tertempel diotak dengan menuliskan kembali di media blog.

Tak terasa memang, hanya butuh waktu 1 tahun melalui blogwalking saya menjadi seoarang yang cukup ahli dalam pengelolaan web, mengerti bahasa PHP, aplikasi opensource berbasis web.Dari pengetahuan-pengetahuan baru hasil blog walking yang terus diolah dan diasah melalui aktifitas komunikasi melalui forum, blog, media sosial dll menghasilkan keahlian tambahan yang mendukung saya bertahan dari kerja-kerja freelancer. Kerja-kerja inilah yang kelak menghidupi dan membiayai kuliah S2ku. Berawal dari mengelola dan mengembangkan situs web sebuah universitas swasta terbesar di Jawa Timur Bagian Barat, saya mendapat tawaran untuk mengajar tentang menulis oleh Dekan Fisip, kemudian Rektor merekomendasikan saya untuk menlanjutkan kuliah sesuai program studi yang sekarang menjadi home base saya. Kesempatan yang diberikan rektor tak kusia-siakan, langsung saya mendaftar dan mengikuti tes program S2 Ilmu Politik di Universitas Airlangga pada bulan Juli 2011. Usaha dan doa untuk mejadi mahasiswa S2 di Universitas favorit di Jatim akhirnya dikabulkan. Saya resmi menjadi Mahasiswa S2 ilmu politik universitas airlangga pada bulan agustus 2011.

Masa kuliah terasa teramat berat, selain biaya proses kuliah seperti buku dll yang tidak murah, saya harus membagi waktu antara kerja dan kuliah. Untuk mengirit biaya hidup, saya harus rela pulang-pergi (PP) dari Tuban ke Surabaya dengan motor bebek lama 100 cc, sesekali menginap di warkop 24 jam full wifi di Surabaya bila diperlukan untuk di Surabaya 2-3 hari. Sedangkan untuk mencukupi kebutuhan buku, saya harus mengandalkan buku-buku elektronik yang saya peroleh dari pengetahuan tentang tipe web, berselancar, dan memainkan kata kunci di google. Alhamdulillah, sharing pengetahuan di blog, dan kesadaran dari lembaga-lembaga pendidikan untuk menshare pengetahuan (meski hanya berupa abstrak) membantu saya untuk dapat lulus 3 semester dengan predikat cumlaude. Saya juga turut berterima kasih kepada penyelenggara lomba-lomba menulis di blog. Hadiah uang dari lomba-lomba blog tersebut juga turut mensupport biaya kuliah saya. Pada tanggal 20 Agustus 2013 saya berada diantara 1202 Wisudawan D3, S1, S2 dan S3 Universitas Airlangga yang diselenggarakan di Gedung Convention Center.


TAGS


-

Author

twitter @ahmadzainul

Follow Me