Tiket Gratis PP ke #BN2012 Untuk Perkuat Jejaring Komunitas Blogger Tuban

4 Nov 2012

Deklarasi Blogger Tuban yang difasilitasi blogger nusantara

Deklarasi Blogger Tuban yang difasilitasi blogger nusantara

Kopdar Blogger Nusantara 2011 lalu di Sidoarjo adalah sejarah tersendiri dan tak terlupakan bagi Komunitas Blogger Tuban. Komunitas Blogger Tuban lahir dan dideklarasikan di Acara Kopdar Blogger Nusantara Sidoarjo 2011. Deklarasi tersebut terselenggara berkat ikatan solidaritas dan persaudaraan yang kuat diantara sesama blogger terutama blogger tuban yang berdomisili di luar Kota Kabupaten Tuban. Saya ucapkan terima kasih kepada Komunitas Blogger Plat M, Komunitas Blogger Malang, Komunitas Blogger Surabaya (TPC), Novianto Puji Raharjo (TPC), dan Gempur Media (Blogger Nusantara) yang mempunyai peran yang berarti sehingga para blogger tuban memliki wadah ikatan untuk berkomunitas.
Tak terasa setahun telah berlalu, setahun pula usia Komunitas Blogger Tuban sejak kopdar blogger nusantara 2011. Amanah stakeholder komunitas blogger tuban pun berusaha saya jalankan dengan ikhlas dan sesuai kemampuan saya selaku coordinator komunitas blogger tuban. Berapa kegiatan pun telah terselenggara sebagai bentuk konsolidasi komunitas seperti Festival Blogger Tuban (terima kasih atas kehadiran kawan-kawan komunitas Plat M, dan TPC yang telah hadir di acara ini), Broadband Learning Centre bekerja sama dengan Telkom Tuban, dan acara-acara pelatihan blogging di kecamatan-kecataman Tuban. Berdirinya media komunitas jurnalisme warga kabar tuban (http://kabartuban.com) adalah salah satu rintisan media yang dipelopori komunitas blogger tuban.

Festival Blogger Tuban

Festival Blogger Tuban

Namun perjalanan komunitas blogger tuban masih sangat panjang. Umur setahun adalah umur bayi yang baru belajar berjalan dan menjaga keseimbangan, sesekali sambil belajar berlari :). Komunitas blogger Tuban memerlukan upaya pembentukan jejaring yang luas. Kopdar Blogger Nusantara 2012 adalah ajang kopdar blogger se nusantara yang bertema meningkatkan persaudaraan. Even tersebut adalah even penting bagi komunitas blogger tuban untuk lebih memperkuat jejaringnya, terlebih blogger nusantara adalah ibu yang melahirkan komunitas blogger tuban. Meski upaya meningkatkan jejaring telah dilakukan oleh komunitas seperti menghadiri acara bloggiilicious di Madura, mengisi acara di Pelatihan TIK masuk pesantren bersama Komunitas Santri Informatika di Langitan. Acara-acara tersebut bisa dihadiri/turut partisipasi karena masih terjangkau oleh kocek komunitas blogger tuban.
Namun Kopdar Blogger Nusantara 2012 yang diselenggarakan di Makasar adalah jarak yang sangat jauh untuk bisa dihadiri komunitas blogger tuban. Setidaknya komunitas blogger tuban berniat untuk mengirim 1 orang utusan untuk hadir ke sana. Sebagai komunitas non profit biaya tiket PP ke makasar termasuk biaya yang cukup besar, uang kas pun belum mencukupi. Mau kirim proposal ke lembaga terkait sepertinya tidak jaman lagi, cari donator pun malu. Blogdetik yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan tiket PP ke #BN2012, insya allah akan disambut baik dan terima kasih yang tak terhingga oleh komunitas blogger tuban. Artikel ini adalah upaya agar tiket PP ke #BN2012 dapat diberikan ke komunitas blogger tuban.

Berbagi materi cara menulis cepat dan asyik bersama Komunitas Santri Informatika di Ponpes Langitan Tuban

Berbagi materi cara menulis cepat dan asyik bersama Komunitas Santri Informatika di Ponpes Langitan Tuban

Kenapa blogger tuban layak mendapat tiket PP tersebut? Masih banyak PR yang harus dikerjakan oleh komunitas blogger tuban untuk bisa turut menyumbangkan aktifitas-aktifitas komunitas blogger yang sehat dan positif. Seperti, Acara bloggilicious yang merupakan acara blog berskala nasional atau acara blogger skala nasioanal lainnya dibutuhkan untuk diselanggarakan di tuban agar masayarakat tuban memahami arti dan esensi berblogging ria secara terpadu. Hal ini membutuhkan kekuatan jejaring yang lebih luas .
Selain itu Blogger tuban kini sedang mengembangkan citizen jurnalisme melalui kabartuban.com membutuhkan studi banding, best practices dari komunitas blogger lain. Citizen jurnalisme memiliki arti penting bagi blogger tuban di saat media-media mainstream sangat dipengaruhi bahkan dikendalikan oleh pasar. Citizen journalism tersebut adalah cita-cita blogger tuban agar publik tuban mempunyai ruang public yang leluasa. Tentunya cita-cita ini membutuhkan dukungan jejaring yang luas. Kopdar Blogger Nusantara 2012 adalah salah satu ruang untuk mempererat ikatan, menambah tali persaudaraan diantara blogger.


TAGS BN2012


-

Author

twitter @ahmadzainul

Follow Me