Kopdar 1000 Blogger Nusantara Xlangkah Lebih Maju Kawal Konten Internet

2 Nov 2011

Internet membuat saya untuk terus mengasah pengetahuan dan skill yang dibutuhkan xlangkah lebih maju. Internet yang kini kaya konten membuat saya merasa untuk turut berpartisipasi mengupdate konten internet. Semangat itulah, yang membuat saya terus untuk mengikuti kopdar selama masih ada daya dan dalam jangkauan untuk xlangkah lebih maju dengan internet. Kopdar Blogger Nusantara, membuat saya rela memacu motor sejauh 150 KM untuk hadiri workshop menulis xlangkah lebih maju dalam konten blogpreuner di internet.

Xlangkah Lebih Maju dengan menjadi Blogger membuat Dunia Internet Xlangkah Lebih Maju

Melangkah ke pertemuan blogger nusantara merupakan awal saya bersama blogger nusantara untuk lebih maju mengawal konten cyber atau maya. Demikian pula, blogger seluruh nusantara dengan suka rela merogoh kocek sendiri untuk xlangkah lebih maju membangun brotherhood atau jalinan berkomunitas. Dari blogger Aceh sampai ke blogger Irian Jaya semua rela berkumpul 3 hari dalam satu wadah blogger nusantara.

Deklarasi Blogger Nusantara pada hari ketiga

xlangkah lebih maju, Deklarasi Blogger Nusantara pada hari ketiga

Semangat xlangkah lebih maju juga saya rasakan dari komunitas blogger kalimantan selatan. Komunitas tersebut menuju acara kopdar 1000 blogger nusantara tanggal 28 30 Oktober 2011 dengan 20 orang yang ikut serta dalam kopdar blogger nusantara. Usaha untuk datang telah dipersiapkan 2 bulan sebelumnya. Jadi 20 bloggernya dapat terbang menggunakan pesawat dari kalimantan selatan ke surabaya dengan tiket 200 ribu PP. Hal ini karena pihak panitia telah mengkomunikasikan jauh-jauh hari tentang segala hal tentang kopdar 1000 blogger nusantara, ungkap Arsyad Indardi, anggota blogger nusantara tertua (70 tahun) namun tetap produktif dalam ngeblog sastra banjar.

Kopdar Blogger Nusantara memang xlangkah lebih maju. Kopdar yang mengangkat tema blogpreuner kaya akan materi bagaimana mengembangkan blog agar bisa bermanfaat bagi masyarakat dan blogger sendiri. Best practices atau contoh teladan ngeblog pun ditampilkan dalam acara kopdar blogger nusantara. Para inspirator tersebut diantaranya, media komunitas yang dipelopori oleh Yossy Suparyo, Blood For Life sebuah blog non-profit yang bertujuan untuk menjembatani antara pendonor darah dan membutuhkan darah dikembangkan oleh seorang blogger wanita Valencia Mieke Rhanda, blog kambingetawa [dot] org membuat pendirinya mandi uang, yang kata Toto Sugiarto salah satu pendirinya, uangnya berbau kambing.

Diantara contoh teladan tersebut ditampilkan untuk menginspirasi blogger untuk xlangkah lebih maju. Kopdar blogger nusantara juga berusaha mensharing ke pada blogger nusantara bagaimana menjaga kontennya tetap berkualitas dan akrab dengan mesin. Tak tanggung-tanggung penulis blog yang telah masyhur pun didatangkan. Willis Wee pendiri dan penulis blog peter olson singapura menceritakan bagaimana mengembangkan blog dengan dedikasi untuk mengembangkan konten xlangkah lebih maju. Demikian pula, Vinny Vijeyakumaar, Tenaga Ahli Analisa Web Google, menjelaskan bagaimana menulis konten artikel yang menjadi niche blogger masing-masing sesuai dengan yang dibutuhkan pembaca dunia. Berbagai teknik sederhana diterangkan vijay, mengembangkan konten yang dibutuhkan masyarakat dunia cukup melihat alat-alat (tools) berbasis web yang telah disediakan google.

Insinyur google Vinny Vijeyakumaar tengah bersama blogger nusantara

xlangkah lebih, majuInsinyur google Vinny Vijeyakumaar tengah bersama blogger nusantara

Blogger nusantara yang senang disebut blogger ndeso merasa nyaman dengan materi xlangkah lebih maju dari kopdar 1000 blogger nusantara. Kopdar Blogger Nusantara menyajikan materi ke mayoritas blogger yang telah memiliki jam terbang tinggi dengan jauh dari kesan menggurui. Peserta pun mengikuti acara tiga hari penuh dengan tetap semangat xlangkah lebih maju. Tiga hari waktu blogger nusantara dihabiskan dari camp pengungsian blogger di lapangan tenis indoor sidoarjo ke sun city convention hall untuk mengikuti materi yang disajikan interaktif.

“Camp Pengungsian” Blogger

Blogger Nusantara memilih bersosialisasi daripada bermain gadjet sendiri

xlangkah lebih maju, Blogger Nusantara memilih bersosialisasi daripada bermain gadjet sendiri

Aktivitas menginap bersama Blogger Nusantara memang Xlangkah lebih maju. Sayang, aktifitas kopdar tiga hari bersama 1200 blogger nusantara tak sempat terdaftarkan dalam museum record indonesia. Sejarah Indonesia akan mencatat bahwa ratusan blogger bermalam bersama di lapangan indor tenis GOR Sidoarjo.

Sebuah tempat penginapan yang unik. Penginapan yang dirancang tanpa sekat yang tak terduga sebelumnya. Blogger yang tahun ini masih didominasi oleh kalangan masyarakat menengah atas harus pandai menyesuaikan diri dengan tempat tidurnya yang sengaja dirancang seperti camp pengungsian bencana alam. Kopdar blogger nusantara dirancang agar antara blogger tak ada sekat. Blogger yang kesehariannya terlalu asyik dengan gadjetnya dipaksa untuk bersosialisasi. Tak ada tempat privat untuk bermain internet. Blogger dipaksa harus memilih asyik bermain internet dengan gadjetnya di keramaian atau bersosialisasi dengan kawan lainnya.

Tempat makan dan kamar tidur di camp blogger nusantara xlangkah lebih maju

Tempat makan dan kamar tidur di camp blogger nusantara xlangkah lebih maju

Suasana camp pun mengingatkan blogger bahwa Indonesia adalah tempat yang paling rentan dilanda bencana alam. Bukan tidak mungkin kejadian melubernya lumpur lapindo, gempa bumi yogja atau padang, letusan gunung berapi terjadi di daerahnya. Blogger Nusantara harus waspada dan mempunyai empati xlangkah lebih maju pada korban bencana.

MCK Blogger Nusantara

MCK Blogger Nusantara

Tak ada kamar mandi permanen. Kamar MCK pun dirancang darurat, air disuplay dari truk tanki PDAM Sidoarjo yang berasal dari air pegunungan prigen. Namun, sayang suplay air yang sebenarnya cukup, tidak didukung dengan arsitek darurat pengaliran air ke banyak bak mandi. Hal inilah yang membuat blogger mengeluh antri karena dari 20 kamar MCK yang disediakan yang bisa dialiri air dan digunakan secara bersamaan hanya 6 kamar mandi. Namun panitia memohon maaf atas hal ini, masalahnya terletak pendirian kamar mck hanya 2 hari karena ijin penggunaan lokasi baru keluar 4 hari sebelum hari H.

Tak ada makan ala prasmanan bagi blogger. Makanan berat disuguhkan 3 kali sehari plus makanan ringan dengan kemasan kotakan, bisa disebut mirip dengan nasi bungkus. Semuanya mirip dengan makanan yang disajikan pengungsi korban bencana alam.

Meski demikian blogger nusantara memang luar biasa. Mereka ternyata xlangkah lebih maju. Kemampuan adaptasinya telah xlangkah lebih maju. Buktinya, acara mimbar bebas yang diadakan tiap malam selama tiga jam diikuti blogger dengan antusias.

Lahir Kembalinya Komunitas Blogger Tuban

Deklarasi Blogger Tuban yang difasilitasi blogger nusantara

xlangkah lebih maju, Deklarasi Blogger Tuban yang difasilitasi blogger nusantara

Suasana seperti inilah yang mengiringi lahirnya komunitas blogger tuban di camp pengungsian blogger nusantara. Komunikasi dan sosialisasi antar blogger akhirnya bisa mengumpulkan blogger tuban yang tersebar di nusantara untuk bisa membentuk komunitas lagi, yang sebelumnya lama vakum.

ilustrasi sponsor xlangkah lebih maju

ilustrasi sponsor xlangkah lebih maju

Tekad untuk blogging bersama membahas seputar masalah tuban dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat melalui internet untuk masyarakat tuban menjadi menyatu kembali. Tekad ini didorong juga oleh panitia kopdar blogger nusantara. Wal hasil, komunitas blogger tuban berhasil lahir kembali di Sidoarjo. Tekad dan janji blogger tuban untuk berperan aktif memajukan konten internet dideklarasikan di depan 1200 blogger nusantara.

Alhasil, kopdar blogger nusantara membuat saya xlangkah lebih maju dengan internet. Sadar akan pentingnya konten internet, semakin yakin ngeblog itu membawa kebaikan. Tentunya hal ini juga dirasakan oleh blogger nusantara

xlangkah lebih maju

xlangkah lebih maju

foto-foto mereka yang telah xlangkah lebih maju dengan internet


From Kopdar Blogger Nusantara 2011, posted by Ahmad Zainul Ihsan Arif on 10/28/2011 (14 items)

Generated by Facebook Photo Fetcher



TAGS


-

Author

twitter @ahmadzainul

Follow Me