Fadel Muhammad, Salah Satu Sosok Menteri Yang Tersisih

23 Oct 2011

Fadel Muhammad bersama Saya Maszen ketika akan kembali ke jakarta menggunakan helikopter polda jatim di helipad polres tuban

Fadel Muhammad bersama Saya Maszen ketika akan kembali ke jakarta menggunakan helikopter polda jatim di helipad polres tuban

Fadel Muhammad adalah satu-satunya menteri era SBY yang suka. Salah satu menteri era SBY yang tetap memegang idealismenya ditengah tekunnya beliau mendampingi SBY di berbagai kesibukan. Sosok menteri yang bisa menempatkan diri kapan waktunya untuk berkata Asal Bapak Suka (ABS) dan kapan bisa menjalankan idealisme sebagai sosok menteri yang profesional.

Pengalaman Fadel Muhammad mendampingi Soehato, mantan presiden RI yang berkuasa 32 tahun, membuat sosok Fadel matang menjalankan tugas menteri Perikanan Kelautan. Idealisme fadel disampaikan dan implementasikan melalui kebijakan-kebijakan sebagai menteri kelautan secara pelan tapi pasti, tidak meledak-ledak. Ketika kebijakannya terhambat oleh kebijakan menteri lain fadel muhammad secara santun dan beretika mencoba melempar dialektika baik secara langsung, maupun melalui media. Semua itu dilakukan fadel muhammad agar kebijakannya dapat bernegosiasi dengan kebijakan menteri lain.

Seperti kasus penangkapan anggota DKP oleh aparat malaysia, fadel muhammad langsung peduli terhadap nasib anak buahnya di lapangan. Upaya mediasipun dilakukan fadel. Meski upaya mediasi tersebut disebut-sebut berbagai media adanya dugaan tukar guling tahanan malaysia. Namun bagi fadel hal tersebut bukan hal yang perlu ditanggapi. Untuk menipis lemahnya diplomasi RI melalui isu tukar guling, fadel muhammad sebenarnya telah mempersiapkan skenario diplomasi yang rapi. Penghargaan terhadap semua anggota DKP sebagai pahlawan bangsa, yang awalnya mau diselenggarakan besar-besaran urung dilakukan. Hal ini karena fadel menghargai arahan dan petunjuk presiden. Alhasil acara tersebut tetap diselenggarakan secara sederhana di kantor DKP. Demikian dikatakan asisiten fadel muhammad di sela-sela mendampingi fadel dalam acara wisuda Universitas PGRI Ronggolawe ke 5 pada tahun 2010 lalu.

Demikian pula kebijakan fadel muhammad dalam mendampingi petani garam. Tertabrak kebijakan menteri perdagangan yang membuat kebijakan import garam besar-besaran. Kebijakan fadel yang membuat petani garam Indonesia surplus garam. Namun petani harus gigit jari ketika panen garam tiba akibat kebijakan menteri perdagangan. Fadel pun melancarkan negosiasi dengan melempar polemik di media. Namun apa daya tangan-tangan kekuasaan lebih kuat, hal inilah yang diduga membuat fadel tersisih dari kursi kabinet hasil reshuffle pekan-pekan ini.

Siapa bilang tidak ada menteri yang masih punya idealisme dan profesional seperti fadel? Banyak, asal kekuasaan mau merekrutnya. Ciri-ciri menteri yang punya idealis dan profesional bisa diambil dari sifat-sifat dan latar belakang bercermin kepada fadel.

Fadel muhammad adalah sosok mahasiswa ITB yang aktif dan kreatif. Dikatakannya dalam orasinya di Universitas PGRI Ronggolawe tahun lalu, dirinya sejak lulusa kuliah banyak ditawari kerja perusahaan-perusahaan berskala international. Namun dirinya, tetap memilih untuk berwirausaha dengan mendirikan manufaktur. Usaha manufaktur yang dirintisnya hanya dikelola 12 orang dengan nama Bukaka Teknik. Namun kini telah berkembang menjadi perusahaan publik yang menghidupi puluhan ribu tenaga kerja.

Perusahaan yang kini dikenal dengan PT Bukaka Teknik menghasilkan Banyak Uang dan memperkerjakan Ribuan Orang. Alumni mahasiswa ITB, yang telah mempunyai banyak uang, tidak membuatnya lupa idealisme ketika menjadi mahasiswa. kepiawaian beliau sebagai pengusaha dimanfaatkan dengan baik untuk mentraining para birokrat dibawah jajarannya menjadi berjiwa entrepreunership. Jiwa interpreuship adalah jiwa yang merdeka, tidak asal bersikap asal bapak suka. Fadel berusaha mengajarkan soal bagaimana mengelola sebuah daerah secara produktif, profesional, dan transparan, walaupun dengan infrastruktur minim. Kemudian memberdayakan masyarakat dengan model kewirausahaan, dan bagaimana mengubah kemiskinan, keterbelakangan serta ketiadaan SDM menjadi sebuah peluang emas yang tidak ternilai harganya.

Fadel muhammad juga merupakan sosok yang hingga kini memiliki dukungan politik yang luar biasa. Pada pilkada Gorontalo 2006 yang dilaksanakan pada 26 November 2006, ia memperoleh 81 persen suara. Nilai ini merupakan tertinggi di Indonesia untuk pilkada sejenis dan tercatat di rekor MURI sebagai rekor pemilihan suara tertinggi di Indonesia untuk pemilihan gubernur.

Penyisihan fadel muhammad mirip dengan orang yang setipe dengannya, yakni Dr. Muhammad Yusuf Kalla. Yusuf Kalla tersisih dari kursi wakil presiden. Hal ini disayangkan berbagai pihak. Padahal Yusuf Kalla sejatinya masih mau berpasangan dengan siapa saja untuk membangun negeri tercinta.

Apa daya, usaha tak berhasil, sosok pemimpin yang idealis tak akan pernah menggerutu ataupun mengemis kekuasaan. Karena keyakinan mereka terhadap diri sendiri.

Alhamdulillah, saya berhasil berfoto bersama dengan sosok-sosok orang-orang idealis. Berikut foto-fotonya.

maszen at mangunsarkoro

maszen at mangunsarkoro

maszen dan pak JK di mangun sarkoro

maszen dan pak JK di mangun sarkoro


TAGS


-

Author

twitter @ahmadzainul

Follow Me