Blogdetik Kanal Blog Yang Memberi Keleluasaan bagi Blogger

7 May 2011

Ilustrasi gambar diunduh dari hendra04.blogdetik.com/files/2010/04/blogdetik.jpg

Ilustrasi gambar diunduh dari hendra04.blogdetik.com/files/2010/04/blogdetik.jpg

Jalan-jalan menelusuri saya menemukan perkembangan dunia blog yang sangat pesat. Tiap hari tumbuh blogger baru. Tak disangka mouseku klik url email lama yang lama tak tertengok, eh nampak akun lama saya di blogdetik yang tak pernah disentuh. Lalu, aku klik saja url yang mengarahkanku ke blog detik. Wow betapa kagetnya aku, perkembangan blogdetik blogdetik yang luar biasa cepat. Sudah banyak perubahan di sana-sini. Ehm, sayang sekali akunku blogdetik ibarat lahan emas kosong tak termanfaatkan.

Melihat perkembangan terakhir blogdetik, saya terlebih dahulu mengucapkan salut untuk tim admin. Sembari kulo nuwun, permisi untuk membangun lahan emas ini menjadi rumah yang apik dan kamarku sendiri. Blogdetik sekarang makin tampak unik diantara penyedia tempat blog atau bisa juga sekaligus blogdetik ini disebut kanal blog. Sebagai kanal blog blogdetik sangat sosial dan murah hati. Bukannya untuk menyanjung lo, suer beneran amin lo. Blogdetik menyediakan widjet dan pluggin yang bisa membuat para blogger bisa leluasa berekspresi.

Yang lebih penting lagi neh… Widjet blogdetik HTMLnya bisa digunakan untuk kode-kode html yang biasa disediakan oleh perantara advertiser dengan blogger atau publisher. Tentunya hal ini disadari oleh Tim Admin atau pihak pemangku kepentingan lain di blogdetik. Hal inilah yang melegakan saya. Pasang iklan untuk mendulang receh di kamar rumahnya sendiri kan ga mengganggu. Seharusnya begitu ya… blogger kan setidaknya butuh kopi untuk nulis, apalagi saya pecinta kretek sejati pusaka nusantara. Rumah blogdetik atau istilah bloggernya domain utamanya itu kan wilayah blogdetik apalagi ada ada iklan konvensional yang tidak bisa lagi dikatakan cari recehan.

Ok. Saya hanya analisa dari sisi widjetnya aja untuk menyakinkan saya memasang iklan yang mengarahkan pada produk tertentu. Dan nantinya juga mengajak blogger lain yang berkunjung di kamar saya untuk saling cari receh bersama untuk beli minuman penyemangat nulis. Setelah lari sana sini cari penyedia blog gratis, blogdetiklah yang paling leluasa untuk cari receh sendiri. Penyedia blog gratis luar negeri semisal shvoong hanya membagi receh pendapatannnya dari iklan ke blogger sebagai royaliti tulisan. Tapi lumayan juga, namun ada beberapa batasan salah satunya tulisan masih dimoderasi. Penyedia blog gratis lain yang sangat bergengsi di negeri manca seperti helium yang membayar per tulisan cukup tinggi mempunyai kualifikasi yang tinggi pula. Tulisan yang layak publish di helium harus berkualitas majalah dan harus pakai bahasa inggris yang fasih.

Ups, balik lagi ke blogdetik. Sudah seharusnya dan waktunya lah penyedia blog gratis memberikan keluasaan bagi blogger agar banyak tumbuh penulis-penulis konten internet yang memacu kecerdasan generasi bangsa. Biar terasa dampak dan implikasi ke arah positif era teknologi informasi. Eh siapa tahu loncatan teknologi dan ilmu pengetahuan bisa sampai menembus gimana sih pengetahuan malaikat yang telah hidup ratusan juta tahun lalu. He he he kok jadi ngelantur ya..

Balik lagi ke keyboard, intinya pada tulisan ini saya permisi mau ikut bangun kamar blog dengan niche atau tema cara mencari uang online tanpa jadi proggramer. Ada beberapa katagori tulisan nanti yang mau saya bagi ke sobat-sobat blogdetik. Siapa tahu sambil cari recehan dolar maupun rupiah tulisan tema ini bisa dibukukan.

Kiranya itu akhir tulisan ini. Salam kenal semua sobat blogdetik, salam jabat erat selalu


TAGS


-

Author

twitter @ahmadzainul

Follow Me